Senin, 11 November 2013

Mencegah dan Mengobati Flu dengan Cepat

Cuaca buruk seperti saat ini, yang nggak jelas statusnya bisa bikin badan kita drop. Di PHP-in cowok aja bikin hati kita down, di PHP-in cuaca jelas bikin kita drop juga (nggak nyambung ya? disambung-sambungin aja deh :D wkwk). Kadang mendung terus hujan terus tiba-tiba panas inilah yang bikin kita gampang sakit. Pada umumnya sakit yang paling sering kita temuin itu pilek atau flu sama batuk, bener kan?


Yaps! tiga hari yang lalu aku mengalami sendiri kondisi dimana kekebalan tubuh aku drop, jadinya sakit flu yang diikuti sama tenggorokan yang nggak enak banget rasanya dan batuk juga. Kalau udah sakit pilek pasti nyambungnya ke pusing jua, bener-bener ganggu banget ya. Sekarang aku mau bagi-bagi tips nih biar kita nggak terserang flu dan teman-temannya itu :)

1. Minum Air Putih
Hal yang satu ini keliatannya sepele banget kan? tapi ternyata ngefek banget loh! Tubuh kita itu nggak boleh kekurangan cairan, biasanya saran minum air putih dalam sehari itu 8 gelas.Kalau kebutuhan cairan dalam tubuh itu terpenuhi kecil resikonya kekebalan imun kita menurun, jadi nggak gampang terserang penyakit musiman kayak flu.

2. Cuci Tangan
Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan atau setelah berpergian ini harus benar-benar diperhatikan. Virus atau kuman itu paling sering ada di telapak tangan kita yang selalu terkena kontak dengan benda apapun. Jadi sebaiknya rajin-rajinlah mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri kita. Kalau kamu sudah terlanjur terserang flu, maka secara langsung kamu akan sering menggunakan tissue atau sapu tangan saat bersin, sebaiknya langsung cuci tangan agar kuman saat kita bersin tadi hilang.

3. Rajin Olahraga
Selain menjaga kebersihan pastinya untuk mendapatkan tubuh denan kekebalan tubuh yang kuat harusnya diimbangi dengan rajin berolahraga. Sebaiknya setiap pagi berolahraga, entah itu jogging ataupun olahraga ringan lainnya. Usahakan tubuh kita banyak gerak, jangan jadi coach potato.

Nah! itu tips dari aku buat kalian supaya nggak gampang kenak flu dan teman-temannya :D hehe. terus bagaimana dengan yang sudah terlanjur terkena flu? aku juga bakal kasih nih tips cara cepat menyembuhkan flu :) Yang pasti kalian harus tetap menjalankan tiga point pencegahan diatas, ditambah lagi dengan beberapa tips berikut:

1. Makan Makanan Berkuah yang Hangat
Kalau terserang flu biasanya salah satu lubang di hidung kita ada yang tersumbat kan? dan pasti rasanya nggak nyaman banget. Salah satu cara melegakan hidung tersumbat ini dengan makan makanan berkuah yang hangat. Kenapa harus berkuah dan hangat? karena saat kita terserang flu pasti tenggorokan kita berasa nggak enak, disaat itu usahakan makan yang berkuah aja biar lebih nyaman saat ditenggorokan. Dan makanan tesebut harus hangat supaya uap dari kuah yang masih hangat tadi bisa melegakan hidung kita yang tersumbat. Hal ini bisa juga kita ganti dengan minuman yang hangat.

2. Makan Permen Mint
Tenggorokan disaat kita terserang flu akan terasa berbeda dengan biasanya, lebih baik untuk mengatasi tenggorokan gatal atau semacamnya ini menggunakan permen mint. Contohnya permen Strepsill atau Vicks, ini akan membuat tenggorokan kita merasa lebih baik.

3. Istirahat yang Cukup
Kekebalan tubuh kita yang menurun kemungkinan besar di karenakan waktu istirahat yang mini. Jadi kalau udah sakit jangan memaksakan diri untuk beraktifitas seperti biasanya, perbanyaklah waktu untuk istirahat dan tidurlah lebih awal saat malam hari agar keesokan paginya badan kita jadi lebih segar.

Tips-tips tadi itu udah aku uji kebenarannya loooohh :D wkwk. Kalau ada diantara kalian yang sekarang lagi kenak flu, silahkan dicoba, tapi semoga aja kita semua sehat selalu :) hehe, amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar