Selasa, 06 Maret 2012

Mie Instan termasuk Depopulation Program


Nah lo ya ! makan lagi makan lagi. Mana tiap kali makan mie instan, serba instan deh ya zaman sekarang. Kalian pasti juga ngefans banget kan sama makanan instan satu ini. Praktis dan dijual dimana-mana.

Mie instant atau instant noodle merupakan salah satu makanan cepat saji terfavorite di dunia. The World Association of Instant Noodle dalam “National Trends In Instant Noodle Demand” di tahun 2008 mencatat jika warga dunia mengkonsumsi tak kurang dari 94 miliar porsi mie instant.
#Sedunia aja segitu jumlahnya coba aja itu duit gue ye. Hahaha.
Dan di Indonesia Negara kita tercinta nih ya tercatat pada tahun itu (2008) mengkonsumsi sekitar 14 miliar porsi mie instant.
#nah lo! Nyumbang berapa porsi kah kalian ? hahaha

Pada umumnya mie instan diseluruh dunia memiliki cirri yang sama, yakni mienya kering dan bentuknya sudah sesuai cetakan pabriknya dengan berbagai merk di dunia.

Banyak yang bilang mie instant mengandung lapisan lilinagar tidak lengket dan tetap kenyal. Hal ini dibuktikan dengan air bekas rebusannya yang jika didiamkan beberapa jam maka akan timbul satu lapisan mirip lilin dipermukaan air tersebut.
#coba deh lo buktiin sendiri. Hahaha

Ada dokter yang menyatakan demikian, namun ada juga yang beranggapan jika mie instant tidak mengandung zat lili, melainkan mengandung gluten, yang mampu juga kelengketan anatara mie satu dengan lainnya.

Pasti bagi kalian yang suka makan mie instan kaya’ gue penasaran, apa sih gluten ? bahaya nggak sih ?

Gluten  merupakan protein lengket dan elastis yang terkandung di dalam beberapa jenis serealia dan semua jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu, kecuali jagung dan beras. Gluten bermanfaat mengikat dan membuat adonan menjadi elastis.

Ternyata tidak semua orang aman mengkonsumsi gluten. Mungkin di Indonesia jarang kita lihat restaurant-restaurant yang menyediakan makanan mengandung gluten, tapi di Negara maju seperti America misalnya, mereka menyediakan makanan yang mengandung gluten dan bebas gluten dalam daftar menunya. Hal ini dikarenakan ada orang yang alergi terhadap gluten, ada uga yang sama sekali tidak boleh mengkonsumsi gluten atau disebut intoleransi gluten. Selain itu penderita autis juga harus menjauhi makanan yang mengandung gluten.

Kita boleh menyukai makanan cepat saji ini, namun sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsinya karena mie instant juga mengandung beberapa bahan yang tidak harus dikonsumsi secara berlebihan untuk tubuh kita. Lagian kan ada pepatah bilang nih “terkadang sesuatu yang berlebihan itu tidak baik” bener kan gue ? hahhaa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar